Selasa, 16 Juli 2013

SANTRI UNIK

Ada seorang alumni pesantren, di rumahnya dia di tunjuk sebagai ustadz, masyarakat sekitar berbagai versi. pada suatu hari salah satu dari masyarakat da yang meninggal dunia dan ta'ziah menjadi adat warga pri bumi kepada sohibul musibah (orang yang terkena musibah). tak ketinggalan pula sang ustadz pun datang di krumunan masyarakat yang berta'ziah itu, hingga selesai penguburan. ketika jenazah selesai di makamkan ustad meminta agar yang meninggal di do'akan. Namun saat ustad meminta kepada segenap pentaziah untuk mendo'akan jenazah, keluarga jenazah menolaknya seraya berkata : "Do'a itu tiada manfaatnya untuk orang yang sudah meninggal, jenazah ini ga usah di do'akan lagi, krn do'a itu ga da gunanya, dan tidakkan sampai/terhubung kepada jenazah !"
Akhirnya sang ustadz pun diam sesaat, dan membatalkan acara berdo'a kepada warga, namun pinta ustad :"ya udah klo memang seperti itu, biarkan saja yang berdo'a sy seorang diri."
sambil berpaling muka sohibul jenazah dlm hatinya berkata :'iiih ngeyel"
kemudian sang ustad pun berdo'a dengan suara lantang dlm do'anya : "Ya Allah, semoga arwah jenazah ini di tempatkan dalam nerakamu !" mendengar sang ustad mendoakan jenazah dengan demikian sohibul jenazah langsung marah marah dan berkata :"Kenapa kamu berdo'a demikian!" (dengan raut muka yang marah)
ustad : "ga usah marah wahai saudara ku, bukannya do'a itu ga sampai/terhubung kepada jenazah kenapa musti marah klo kenyataannya demikian".
Sohubul jenazah :"Ya ga sampai sih ga sampai, Tp klo berdo'a jangan seperti itu" menjawab sambil kebingungan.


Ada Hikmah yang bisa di ambil dari cerita ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar